1. Melaksanakan kegiatan penjualan dan memasarkan produk atau jasa (termasuk Kerja Sama Operasional Alat / KSO) yang dijual perusahaan baik secara unit maupun value
• Menjaga dan meningkatkan penjualan produk dan jasa (termasuk Kerja Sama Operasional Alat / KSO) untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan
• Melakukan upaya untuk mendapatkan customer baru, memelihara customer aktif, serta menghidupkan kembali customer yang sudah tidak aktif
• Mengatur program kerja harian yang berkaitan dengan proses penjualan
• Melakukan follow up / negosiasi terkait orderan / kerjasama baru
2. Memberikan informasi terperinci dan spesifik terkait produk dan jasa (termasuk Kerja Sama Operasional Alat / KSO) yang dijual kepada customer
3. Membuat Daftar Pesanan Barang (DPB) dengan tepat dan sesuai dengan pesanan customer
4. Membuat laporan aktivitas dan evaluasi terhadap hasil penjualan setiap periode waktu tertentu kepada Supervisor Marketing
5. Menyediakan dokumen dan informasi yang diperlukan customer demi memperlancar transaksi jual beli
• Bertanggung jawab terhadap seluruh dokumentasi dan administrasi yang diperlukan untuk menunjang pekerjaan
6. Memastikan semua proses yang berkaitan dengan customer, meliputi penerimaan order, pengiriman, penagihan hingga pelunasan, dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur yang ada
• Memberikan after sales service untuk memberikan kepuasan kepada konsumen serta membuka peluang baru pada saat mendatang
• Memonitor stock barang di customer sehingga meminimalisir terjadinya kekosongan barang di user
7. Menentukan perencanaan dan pengembangan penjualan melalui analisis data yang komprehensif dengan penyesuaian teknik penjualan berdasarkan interaksi dan hasil survey lapangan
• Membuat perencanaan dengan melihat data pada aplikasi yang digunakan perusahaan untuk mempelajari karakteristik setiap customer
8. Menjaga nama baik dan reputasi perusahaan diseluruh aspek kehidupan karena merepresentasikan perusahaan
• Menciptakan hubungan yang baik dengan customer
• Melakukan kunjungan ke customer secara berkala
• Menyelidiki dan menyelesaikan masalah (termasuk keluhan customer) serta mencari solusi sampai semua masalah yang terkait dengan customer dapat diselesaikan, dan mencegah permasalahan serupa terjadi di kemudian hari
9. Melakukan koordinasi dengan divisi lain untuk kelancaran orderan customer
• Koordinasi dengan divisi operasional khususnya admin (operasional pusat / cabang) untuk proses orderan customer
• Mempelajari tentang produk / alat dari product specialist
• Membantu kirim barang langsung untuk barang dengan ukuran kecil dan urgent / cito